i frame

halaman terkait

Banner promosi sangtorayan,klik untuk meengunjungi,hubungi admin@Sangtorayan>untuk pemasangan iklan anda

sponsor :

TEDONG SILAGA,TORAYA

Budaya yang harus dilestarikan? Hobby buruk yang harus ditinggalkan ?

Hal ini sjenak menjadi pertanyaan di benak kita menyikapi tradisi ma'pasilaga tedong di Toraja saat ini,
Tradisi Silaga Tedong merupakan hiburan tradisional masyarakat Toraja yang masih bertahan hingga kini, dan sering ditampilkan pada kegiatan Rambu Solo' (upacara kematian)

Tedong Silaga,Toraya


Di masyarakat Toraja, adu kerbau (tedong silaga) merupakan bentuk penghiburan bagi keluarga yang sedang menjalani kedukaan.
Mapasilaga Tedong biasanya dilaksanakan sebelum upacara adat Rambu Solo mulai digelar kegiatan ini termasuk dalam sala satu jadwal prosesi yaitu ma' pasurruk tedong, kerbau-kerbau yang akan diadu dikumpulkan di sebuah lapangan besar dekat tempat acara upacara Rambu Solo.

Namun di suatu sisi ,belakanagan ini adu kerbau atau Ma' Pasilaga tedong sudah menjadi sebuah ajang terpopuler di Toraja,

Kegiatan ini sangat digemari oleh semuah kalagan baik itu dari Yang tua sampai anak-anak pun selalu meramaikan kegiatan tersebut,bahkan sempat pemerintah Toraja Utara mengeluarkan statement bahwa pemuda d Toraja sudah lebih mementingkan Tedong silaga dari pada mengurus kegiatan kampus atau sekolahnya.
Silaga tedong,ataukah ajang judi ?

semakin kesini Ma'pasilaga tedong ini sudah melenceng dari konteksnya yaitu bagian dari adat,budaya,yang menjadi bahan hiburan bagi keluarga yang sedang berduka.
Banyak opini yang beredar dan menjadi pertanyaan di tengah-tengah masyarakat Toraja
"Apakah trdisi ini adalah tradisi yang mendidik dan patuk dilestarikan?"

Ada yang berpendapat bahwa itu adalah sala satu daya tarik daerah kita sebagai daerah tujuan pariwisata,namun tidak sedikit juga yang berpendapat negatif seperti ; Kegiatan Ma' Pasilaga tedong ini akan menjadi kebiasaan dan hobby yang buruk karena tidak bisa dipungkiri dapat kita saksikan secara langsung bila berada di lokasi bahwa kegiatan ini sangat kental dengan judi.

Tapi Anehnya Ma' pasilaga tedong ini masih di legalkan oleh pihak yang berwajib,sedangkan sabung ayam juga sudah di larang.

Mungkin inilah sedikit ungkapan dilema di tengah tengah masyarakat Toraja saat ini, ini harus kita sikapi bagaimana ?
namun di suatu sisi sejatinya kegiatan ini adalah warisan nenek moyang kita yang pantas kita hargai
karena sebenarnya tujuannya adalah baik.
pemimpin jaman now

"Anna tedong moraya silaga da'na kita tu si sanggangang" Mungkin itulah salasatu philosofinya.

Salama' Sangtorayan




1 comment:

tribute to

SANGTORAYAN CHANNEL YOUTUBE

Basa Dukai temai senga'na e